Pendidikan seharusnya tetap terpadu
dengan keseluruhan sistem nilai dan norma moral yang dijunjung tinggi oleh
masyarakat. Sikap ilmiah yang menjunjung kebenaran rasional dan pengabdian kepada
kehidupan bermasyarakat merupakan faktor yang penting dalam pembinaan karakter
bangsa. Seorang ilmuwan harus lebih menitikberatkan penerapan teori yang
berguna untuk kepentingan hidup bermasyarakat dan berbangsa dibandingkan
kepentingan pragmatis.Nilai-nilai dan norma-norma moral Pancasila berfungsi
sebagai landasan dan pengarah bagi perumusan sistem pendidikan nasional untuk
meningkatkan kecerdasan yang memadai (Tilaar, 2001:4).Sistem pendidikan
nasional Indonesia di masa sekarang dan untuk masa depan tentunya akan bercirikan
rasionalitas, tetapi tetap mempertimbangkan landasan nilai-nilai hidup yang
bersumber dari budaya Indonesia sendiri.Nilai-nilai hidup berbangsa dan
bernegara perlu menjadi pertimbangan utama dalam merumuskan sistem pendidikan
nasional.
Nilai-nilai dan norma moral Pancasila yang
dijunjung tinggi di Indonesia dapat berfungsi ganda, yaitu menanggulangi dampak
negatif modernisasi sekaligus hambatan dari ikatan-ikatan dan loyalitas
primordial. Sistem pendidikan nasional berfungsi untuk mendukung eksistensi
bangsa Indonesia dan sekaligus meningkatkan kualitasnya dalam menyesuaikan diri
pada tata pergaulan dunia modern(Kartodirdjo,1994:49).Undang-undang Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Bab X
pasal 37 berisi ketentuan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib
memuat pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, bahasa, matematika, ilmu
pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, seni dan budaya, pendidikan jasmanidan
olahraga, keterampilan/kejuruan, danmuatan lokal.Kurikulum pendidikan tinggi
wajib memuat pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, danbahasa. Kurikulum
pendidikan dasar dan menengah serta perguruan tinggi tersebut tidak mewajibkan
pendidikan Pancasila, sehingga terkesan mengabaikan nilai-nilai hidup berbangsa
dan bernegara
.
Sumber:
Soeprapto,
Sri. 2013. Landasan Aksiologis Sistem
Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Cakrawala
Pendidikan.Vol.32 No. 2. Yogyakarta. file:///C:/Users/Admin/Downloads/filsafat/1485-4472-1-PB.pdf (diakses
pada 24 Desemer 2016 pukul 19.22 WIB)
Toko Mesin · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927
BalasHapus