Minggu, 25 Desember 2016

Langkah Umum Pelaksanaan PMR (Pendidikan Matematika Realistik)




Secara umum dapat dikemukakan langkah-langkah pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRdi bawah ini.
a)    Mempersiapkan kelas
1.    Persiapkan sarana dan prasarana pembelajaran yang diperlukan, misalnya buku siswa, LKS, alat peraga dan lain sebagainya.
2.    Kelompokkan siswa jika perlu (sesuai dengan rencana).
3.    Sampaikan tujuan atau kompetensi dasar yang diharapkan dicapai serta cara belajar yang akan dipakai hari itu
b)   Kegiatan pembelajaran.
1.    Berikan masalah kontekstual atau mungkin berupa soal ceriera. (secara lisan atau tertulis). Masalah tersebut untuk dipahamisiswa.
2.    .Berilah penjelasan singkat dan seperlunya saja jika ada siswa yang belum memahamisoal atau masalah kontekstual yang diberikan. Mungkin secara individual ataupun secara kelompok.(Jangan menunjukkan selesaian, boleh mengajukan pertanyaan pancingan.
3.    Mintalah siswa secara kelompok ataupun secara individual, untuk mengerjakanatau menjawab masalah kontekstual yang diberikan dengan caranya sendiri. Berilah waktu yang cukup siswa untuk mengerjakannya.
4.    Jika dalamwaktu yang dipandang cukup, siswa tidak ada satupun yang dapat menemukan cara pemecahan, berilah guide atau petunjuk seperluya atau berilah pertanyaan yang menantang. Petunjuk itu dapat berupa LKS ataupun bentuk lain. 9R. Soedjadi, Inti Dasar-dasar Pendidikan MatematikaRealistik Indonesia
5.    Mintalah seorang siswa atau wakil dari kelompok siswa untuk menyampaian hasil kerjanya atau hasil pemikirannya (bisa lebih dari satu orang)
6.    Tawarkan kepada seluruh kelas untuk mengemukakan pendapatnya atau tanggapannyatentang berbagai selesaian yang disajikan temannya didepan kelas. Bila ada selesaian lebih dari satu, uangkaplah semua.
7.    Buatlah kesepakan kelas tentang selesaian manakah yang diangap paling tepat. Terjadi suatu negosiasi. Berikanlah penekanan kepada selesaian yang dipilih atau benar.
8.    Bila masih tidak ada selesaian yangbenar, mintalah siswa memikirkan cara lain.
Sumber :
Soedjadi, R. 2007. Dasar –Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia . Jurnal Pendidikan Matematika, VOL. 1 NO.2. Surabaya. File:///C:/Users/Admin/Downloads/Filsafat/807-1697-1-PB.Pdf (Diakses Pada 24 Desember 2016 Pukul 19.13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar