Stres secara harfiah berarti suatu tekanan baik pada
aspek jasmani maupun rohani. Stres merupakan respon tubuh yang tidak spesifik
terhadap setiap kebutuhan tubuh yang terganggu, suatu fenomena universal yang
terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan tidak dapat dihindari, setiap individu
maupun siswa mengalaminya, stres memberi dampak secara total pada individu
yaitu terhadap fisik, psikologis, intelektual, sosial, dan spiritual, stres
dapat mengancam keeimbangan fisiologis.
Hans Seyle(1956) telah melakukan pengamatan gejala
spesifik dari stres psikologis terhadap perubahan kimia tubuh individu,
didapatkan kesimpulan bahwa terjadi perubahan yang signifikan antara stres
psikologis yang dirasakan dengan timbulnya penyakit perlukaan pada lambung dan
usus dua belas jari, adanya kekacauan terhadap hormon endokrin, dan
meningkatnya tekanan darah.
Menurut Jeffey, Spencer A. Rathus, dan Beverly,
istilah stress menunjukkan adanya tekanan atau kekuatan pada tubuh; dalam
psikologi dikenal dengan istilah stress; sumber stress disebut stresor. Istilah
stres berbeda dengan istilah distres.Istilah distress mengacu pada penderitaan
fisik atau mental. Stres yang dialami individu dapat berlangsung lama, seperti
depresi; kecemasan; atau keluhan fisik
seperti kelelahan, meningkatnya asam lambung dan sakit kepala. Menurut Jeffey,
Spencer A. Rathus, dan Beverly(1979), Stres meningkatkan risiko terkena
berbagai jenis penyakit fisik, mulai gangguan pencernaan sampai penyakit
jantung., bahkan kelelahan berpikir atau stress terhadap pekerjaan.
Dalam kaitannya dengan sekolah, stres pada siswa
bersumber dari tuntutan sekolah.Stres juga didefinisikan sebagai ketegangan
emosional yang muncul dari peristiwa-peristiwa berkaitan dengan lingkungan di
sekolah sehingga memunculkan reaksi-reaksi fisik, psikologis, dan tingkah laku
yang berdampak pada penyesuaian psikologis siswa dalam meraih nilai prestasi
akademis. Kenyataannya stres merupakan perasaan tidak nyaman yang dialami siswa
akibat tuntutan sekolah yang dinilai menekan, dan menimbulkan ketegangan fisik,
psikologis dan mempengaruhi proses prestasi belajar siswa.
Daftar
pustaka :
Ariyanti, Davi , Jeni Ramandani.etc . 2016. Memahami Konflik, Stress, dan Trauma serta Upaya Penanganannya di Sekolah. Serang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar