Minggu, 25 Desember 2016

Dampak (Implikasi) PMR pada Kegiatan Siswa




Dari keterangan tentang dampak padakegiatan guru, kiranya juga telah terlihat bahwa kegiatansiswa/anak juga berbeda dengan kebiasaan pembelajaran selamaini. Pertama sewaktu menerimamasalah kontekstual dari guru, secara mandiri atauberkelompok para siswa mencoba menjawab atau memecahkan masalahitu dengan caranya sendiri. Disinilah kemungkinan ada beraneka macammodel yang dibuat oleh masing-masing anak. Jadi divergensijawaban anak atau divergensi cara menjawab masalah dapat muncul. Mungkin sekali semua itu benar, sehingga anak dibiasakan untuk menghargai pendapat sesamateman. Model yang masih mirip dengan benda atau masalah aslinya, disebut ”model of”. Jika siswa setelah mencobatetap tidak menemukan jalan pemecahan masakah kontekdtual, maka siswa dapat bertanya seperlunya kepada guru atau teman dengan ijin dari guru. Hasil kerja siswa atau kelompok siswa kemudian ditampilkan kepada semua anggota kelas, untuk mendapat tanggapan atau kritik dari anggota kelas. Dengan demikian siswa sangat aktif memikirkan atau mengerjakan masalah kontekstual. 

Sumber :
Soedjadi, R. 2007. Dasar –Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia . Jurnal Pendidikan Matematika, VOL. 1 NO.2. Surabaya. File:///C:/Users/Admin/Downloads/Filsafat/807-1697-1-PB.Pdf (Diakses Pada 24 Desember 2016 Pukul 19.13)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar