Minggu, 25 Desember 2016

Pendidikan Nasional di Era Modernisasi




Pendidikan,terutama pendidikan formal merupakan salah satu proses dalam hidup ber masyarakatdan berbangsa yang penting. Sumber daya manusia terdidik sebagai hasil pendidikan akan besar pengaruhnya pada perkem-bangan hidup bermasyarakatdan berbangsa. Nilai-nilai dan norma-norma moral yang dijunjung tinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa perlu diperhatikan agar kegiatan pendidikan dapat menghasilkan sumber daya terdidik yang mampu membawa kemajuan sesuai cita-cita masyarakat dan bangsanya. Kemajuan hidup yang dapat disamakan dengan modernisasi tentunya bukan perubahan yang hanya terbatas untuk meniru gaya hidup Barat yang rasional pragmatis. Meskipun modernisasi lahir di Barat, tetapi modernisasi bukan merupakan perubahan yang hanya terbatas pada menirukan gaya hidup orang Barat. Rasionalitas dan kebebasan di Indonesia tidak harus sama dengan di Barat (Koentjaraningrat, 1997:135). Ilmu pengetahuan jaman Modern yang berkembang di Barat hanya mengenal kebenaran empiris dan cenderung menempatkan nilai-nilai kebendaan di atas nilai-nilai hidup yang lain, sehingga dapat menjungkirbalikkan hierarkhi nilai yang sebenarnya. Kecenderungan tersebut menyebabkan diabaikannya nilai-nilai dan norma-norma moral(Hadiwardojo, 1993:50). Pendidikan dalam pandangan yang luas adalah proses pembentukan pribadi dalam semua aspeknya, yaitu pembentukan aspek jasmani, akal, dan hati. Tujuan pendidikan adalah kegiatan memberikan pengetahuan agar kebudayaan dapat diteruskan dari generasi ke generasi berikutnya(Djumberansyah, 1994:19). Proses pendidikan terutama pendidikan di sekolah perlu disesuaikan dengan perkembangan pemikiran rasional yang ditandai kemajuan ilmu dan teknologi, tetapi teori-teori ilmu dan teknologi yang akan disampaikan perlu mempertimbang kan peningkatan dan martabat manusia. Permasalahan utama yang dihadapi dalam prosespen-didikan ialah pemilihan nilai-nilai yang harus dikembangkan dalam diri anak didik(Arifin,2000:75).
Sumber:
Soeprapto, Sri. 2013. Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Cakrawala Pendidikan.Vol.32  No. 2. Yogyakarta. file:///C:/Users/Admin/Downloads/filsafat/1485-4472-1-PB.pdf (diakses pada 24 Desemer 2016 pukul 19.22 WIB)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar