Pendidikan,terutama pendidikan
formal merupakan salah satu proses dalam hidup ber masyarakatdan berbangsa yang
penting. Sumber daya manusia terdidik sebagai hasil pendidikan akan besar
pengaruhnya pada perkem-bangan hidup bermasyarakatdan berbangsa. Nilai-nilai dan
norma-norma moral yang dijunjung tinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa perlu diperhatikan agar kegiatan pendidikan dapat menghasilkan sumber
daya terdidik yang mampu membawa kemajuan sesuai cita-cita masyarakat dan
bangsanya. Kemajuan hidup yang dapat disamakan dengan modernisasi tentunya
bukan perubahan yang hanya terbatas untuk meniru gaya hidup Barat yang rasional
pragmatis. Meskipun modernisasi lahir di Barat, tetapi modernisasi bukan merupakan
perubahan yang hanya terbatas pada menirukan gaya hidup orang Barat.
Rasionalitas dan kebebasan di Indonesia tidak harus sama dengan di Barat
(Koentjaraningrat, 1997:135). Ilmu pengetahuan jaman Modern yang berkembang di
Barat hanya mengenal kebenaran empiris dan cenderung menempatkan nilai-nilai
kebendaan di atas nilai-nilai hidup yang lain, sehingga dapat menjungkirbalikkan
hierarkhi nilai yang sebenarnya. Kecenderungan tersebut menyebabkan
diabaikannya nilai-nilai dan norma-norma moral(Hadiwardojo, 1993:50).
Pendidikan dalam pandangan yang luas adalah proses pembentukan pribadi dalam
semua aspeknya, yaitu pembentukan aspek jasmani, akal, dan hati. Tujuan
pendidikan adalah kegiatan memberikan pengetahuan agar kebudayaan dapat
diteruskan dari generasi ke generasi berikutnya(Djumberansyah, 1994:19). Proses
pendidikan terutama pendidikan di sekolah perlu disesuaikan dengan perkembangan
pemikiran rasional yang ditandai kemajuan ilmu dan teknologi, tetapi
teori-teori ilmu dan teknologi yang akan disampaikan perlu mempertimbang kan
peningkatan dan martabat manusia. Permasalahan utama yang dihadapi dalam
prosespen-didikan ialah pemilihan nilai-nilai yang harus dikembangkan dalam
diri anak didik(Arifin,2000:75).
Sumber:
Soeprapto,
Sri. 2013. Landasan Aksiologis Sistem
Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Cakrawala
Pendidikan.Vol.32 No. 2. Yogyakarta. file:///C:/Users/Admin/Downloads/filsafat/1485-4472-1-PB.pdf (diakses
pada 24 Desemer 2016 pukul 19.22 WIB)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar