Perumusan sistem pendidikan nasional
membutuhkan pemikiran yang mendalam, yaitu sampai ke pertimbangan
landasan-landasan ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Landasan
aksio-logis sistem pendidikan nasional penting sebagai dasar untuk menganalisis
penerapan teori pendidikan yang berkaitan dengan tujuan pendidikan, terutama
dalam kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila. Fungsi pendidikan nasional adalah
untuk mengembangkan kemampuan berpikir rasional dan mem-bentuk akhlak mulia
dalam kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu nilai-nilai religius,
kemanu-siaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan. Tujuan pendidikan nasional
adalah untuk mengembangkan potensi siswa agar dapat berpikir secara rasional,
dan berakhlak mulia dalam kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila, yang
menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran, kebaikan, keindahan, dan religius,
serta konstruktif dan kreatif agar mampu bertanggung jawab untuk memajukan
bangsa Indonesia dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan masyarakat modern
didasarkan pada demokrasi dan keadilan.
Sumber:
Soeprapto,
Sri. 2013. Landasan Aksiologis Sistem
Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Cakrawala
Pendidikan.Vol.32 No. 2. Yogyakarta. file:///C:/Users/Admin/Downloads/filsafat/1485-4472-1-PB.pdf (diakses
pada 24 Desemer 2016 pukul 19.22 WIB)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar