Minggu, 25 Desember 2016

Pentingnya Kemampuan Penalaran pada Pelajaran Matematika




Salah satu tujuan mata pelajaran matematika di sekolah adalah menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika. Ini juga didukung oleh Ball, Lewis & Thamel (dalam Widjaya, 2010) bahwa “mathematical reasoning is the foundation for the construction of mathematical knowledge”. Hal ini berarti penalaran matematika adalah fondasi untuk mendapatkan atau menkonstruk pengetahuan matematika. 

Dengan demikian berarti guru di sekolah dasar dan menengah harus mengembangkan
kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika. Selanjutnya Jhonson dan Rising (1972) menyatakan bahwa “mathematics is a creation of the human mind, concened primarily with idea processes and reasoning”. Ini berarti bahwa matematika merupakan kreasi pemikiran manusia yang pada intinya berkait dengan ide-ide, proses-proses dan penalaran. Dengan demikian, guru matematika seharusnya mengembangkankemampuan penalaran siswa di dalam proses pembelajaran matematika, tetapi kenyataan di lapangan berdasarkan hasil penelitian kemampuan penalaran siswa masih kurang, seperti yang dikemukakan oleh laporan penelitian Priatna (2003) menemukan kualitas kemampuan penalaran dan pemahaman matematika siswa belum memuaskan, yaitu masing-masing sekitar 49 % dan 50 % dari skor ideal. Khusus untuk materi geometri, hasil penelitian bahwa penalaran siswa dalam ide geometri masih kurang, yaitu yang dikemukakan oleh Mistretta (2009) bahwa “Carroll found that junior high and senior high school students often lacked experience in reasoning about geometric ideas”.Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan kemampuan penalaran siswa di sekolah dasar dan menengah. Berdasarkan analisis ulangan harian juga menunjukkan bahwa hanya 10% siswa yang hanya mampu menyelasaikan soal penalaran dan pembuktian dengan benar.
Sumber :
Riyanto, Bambang Dan Rusdy A. Siroj. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5. No. 2. Palembang.File:///C:/Users/Admin/Downloads/Filsafat/581-1496-1-PB.Pdf. (Diakses Pada 24 Desember 2016 Pukul 21.23 WIB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar