Salah satu tujuan mata pelajaran
matematika di sekolah adalah menggunakan penalaran pada pola dan sifat,
melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti,
atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika. Ini juga didukung oleh Ball,
Lewis & Thamel (dalam Widjaya, 2010) bahwa “mathematical reasoning is the
foundation for the construction of mathematical knowledge”. Hal ini berarti
penalaran matematika adalah fondasi untuk mendapatkan atau menkonstruk
pengetahuan matematika.
Dengan demikian berarti guru di
sekolah dasar dan menengah harus mengembangkan
kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran
matematika. Selanjutnya Jhonson dan Rising (1972) menyatakan bahwa “mathematics
is a creation of the human mind, concened primarily with idea processes and
reasoning”. Ini berarti bahwa matematika merupakan kreasi pemikiran manusia
yang pada intinya berkait dengan ide-ide, proses-proses dan penalaran. Dengan
demikian, guru matematika seharusnya mengembangkankemampuan penalaran siswa di
dalam proses pembelajaran matematika, tetapi kenyataan di lapangan berdasarkan
hasil penelitian kemampuan penalaran siswa masih kurang, seperti yang dikemukakan
oleh laporan penelitian Priatna (2003) menemukan kualitas kemampuan penalaran
dan pemahaman matematika siswa belum memuaskan, yaitu masing-masing sekitar 49
% dan 50 % dari skor ideal. Khusus untuk materi geometri, hasil penelitian
bahwa penalaran siswa dalam ide geometri masih kurang, yaitu yang dikemukakan
oleh Mistretta (2009) bahwa “Carroll found that junior high and senior high
school students often lacked experience in reasoning about geometric ideas”.Hal
ini menunjukkan perlunya peningkatan kemampuan penalaran siswa di sekolah dasar
dan menengah. Berdasarkan analisis ulangan harian juga menunjukkan bahwa hanya
10% siswa yang hanya mampu menyelasaikan soal penalaran dan pembuktian dengan
benar.
Sumber
:
Riyanto, Bambang Dan Rusdy A. Siroj.
2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan
Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5. No. 2. Palembang.File:///C:/Users/Admin/Downloads/Filsafat/581-1496-1-PB.Pdf. (Diakses Pada 24 Desember 2016 Pukul 21.23 WIB)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar