Menurut
pengertian secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu
perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam
memenuhi kebutuhan hidupnya. Menurut Slameto (2010:2), mengatakan belajar ialah
suatu proses usaha perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai
hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Howard L Kingsly yang dikutip oleh Wasty Sumanto (1998:104) menyatakan
bahwa belajar adalah proses dimana tingkah laku dalam arti luas ditumbuhkan
atau diubah melalui praktek atau latihan-latihan. Dengan demikian belajar
memang erat hubungannya dengan perubahan tingkah laku seseorang, karena adanya
perubahan dalam tingkah laku seseorang menandakan telah terjadi belajar dalam
diri orang tersebut.
Sedangkan Hasil belajar menurut
Sudjana (1990:22) adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima
pengalaman belajarnya. Menurut
Ahmadi dan Supiyono (1991) dalam Nyanyu, mengatakan suatu proses perubahan baru
dapat dikatakan sebagai hasil belajar jika melalui ciri-ciri: (1) terjadi
secara sadar ; (2) bersifat fungsional ; (3) bersifat aktif dan positif; (4) bukan
bersifat sementara; (5) bertujuan dan terarah; dan (6) mencakup seluruh aspek
tingkah laku.
Belajar adalah suatu proses kegiatan yang
menimbulkan perubahan ke tingkat yang lebih tinggi, baik secara kuantitatif
maupun kualitatif. Belajar dimulai
karena adanya suatu tujuan yang ingin dicapai, karena dalam belajar siswa tidak
hanya menjelaskan penjelasan dari guru saja melainkan belajar itu juga
melibatkan peran aktif siswa, baik itu dalam bimbingan guru atau dengan
usahanya sendiri sepenuhnya. Terjadinya belajar pada manusia dapat disimpulkan
bila terdapat perbedaaan dalam penampilan atau kinerja manusia sebelum dan
sesudah ia ditempatkan pada situasi belajar. Agar hasil kinerja dari proses
belajar itu meningkat maka aspek dalam belajar perlu diketahui hingga
hambatan-hambatan yang muncul dalam proses belajar.
Belajar tidak hanya dilakukan di sekolah atau saat kita membaca buku, tapi belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, saat kita melakukan sesuatu yang baru yang belum pernah kita lakukan itu juga bisa disebut dengan belajar, karena telah mendapat pengetahuan baru.
Daftar Pustaka :
Fatimah, Khoiru Ummah, Gani
Sulistio.etc. 2016. Aspek Belajar dan Hambatan Belajar. Serang.
Fauzan, Irfan, Ita Mafajatul
Aliyah.etc. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Belajar (Motivasi, Sikap, Minat dan
Bakat). Serang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar