Brameld mengelompokkan berbagai
pandangan untuk memenuhi fungsi-fungsi Filsafat Pendidikan berdasarkan
teori-teori sebagai beri-kut.
Pertama,progresivisme.
Teoriprogresivisme didasarkan pada konsep pendidikan yang pada hakikatnya
progresif. Pendidikan bukan hanya menyampaikan pengetahuan, melainkan
yang lebih penting adalah melatih kemampuan
berpikirrasional. Berpikir adalah penerapan cara-cara ilmiah seperti mengadakan
analisis, pertimbangan, dan memilih diantara beberapa alternatif yang tersedia.
Tujuan pendidikan diartikan sebagai rekonstruksi pengalaman yang terumenerus,
yaitu mengadakan penyesuaian dan penyesuaian kembali sesuai dengan tuntutan
lingkungan (Brameld,1999:91).
Kedua,esensialisme. Teoriesensialisme
didasarkan pada konsep pendidikan yang bersendikan atas nilai-nilai yang
tinggi, yaitu yang hakiki kedudukannya dalam kebudayaan. Nilai-nilai yang dijadikan
dasar adalah nilai-nilai yang telah teruji oleh waktu. Proses pendidikan
merupakan perantara atau pembawa nilai-nilai budaya untuk dibawa masuk ke jiwa
anak didik(Brameld,1999:204).
Ketiga, perenialisme.
Teoriperenialismedidasarkan pada konsep agar pendidikan kembali kepada jiwa
pencerahan yang menguasaiabadpertengahan.Jiwa pencerahan abad pertengahan yang
rasional telah menuntun manusia hingga dapat mengerti adanya tata kehidupan
yang telah ditentukan secara rasional untuk menemukan evidensi-evidensi diri sendiri(Brameld,1999:288).
Keempat, rekonstruksianisme.
Teorirekonstruksianisme didasarkan pada konsep agar anak didik dapat
dibangkitkan kemampuannya untuk secara konstruktif menyesuaikan diri dengan
tuntutan perubahan dan perkembangan masyarakatmodern sebagai akibat pengaruh
ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyesuaian seperti ini akan membuat anak didik
tetap berada dalam suasana aman dan bebas (Brameld,1999:296).
Sumber:
Soeprapto,
Sri. 2013. Landasan Aksiologis Sistem
Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Cakrawala
Pendidikan.Vol.32 No. 2. Yogyakarta. file:///C:/Users/Admin/Downloads/filsafat/1485-4472-1-PB.pdf (diakses
pada 24 Desemer 2016 pukul 19.22 WIB)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar